Nahwu Aliran Andalusia (Tokoh-Tokoh)

Gairah keilmuan di Andalusia berlangsung selama kekuasaan Bani Umayah di sana dari tahun 137 – 422 H. Ilmu Bahasa Arab berkembang di sana seiring perkembangan keilmuan Al-Quran. Di Cordova dan kota-kota lainnya banyak orang yang mengajarkan dasar-dasar Bahasa Arab melalui kajian teks dan syair. Mayoritas dari mereka adalah para qurra’ yang hidup mengabdi menjaga kemurnian bacaan Al-Quran. Mereka melakukan perjalanan ke timur, belajar bacaan Al-quran dan lain sebagainya, lalu kembali dan mengajar di Andalusia.

Di Andalusia, terdapat seorang dengan nama Abu Musa Al-Hiwari. Az-Zubaidi menyatakan bahwa beliau adalah orang yang pertama kali mengajarkan ilmu fiqih dan Bahasa Arab di Andalusia. Beliau melakukan perjalanan ke timur pada masa pemerintahan Abdurrahman Ad-Dakhil (138 – 172 H) dan belajar kepada Imam Malik, Abu Zaid, Al-Ashmu’i, dan lain sebagainya. Adapun tokoh yang sezaman dengan beliau adalah Al-Ghazi bin Qais. Beliau adalah yang menyebarkan riwayat bacaan Nafi’ bin Abi Nua’im di Cordova.

Tokoh nahwu di Andalusia pertama kali adalah Judiy bin ‘Utsman Al-Maururi (w. 198 H). Beliau belajar nahwu dari Al-Kisa’i dan Al-Farra’. Tokoh yang sezaman dengan beliau adalah Abu Abdillah Muhammad bin Abdillah, seorang yang menyebarkan bacaan Warasy, ‘Utsman bin Sa’id Al-Mishriy, di Andalusia.

Pada abad ketiga hijriyah banyak bermunculan tokoh qiraat dan juga sastrawan, diantaranya adalah Abdul Malik bin Habib As-Sulamiy (w. 238 H). Beliau adalah seorang ahli fiqih, hadits, nahwu, dan bahasa. Diantara karangan beliau adalah tentang I’rab al-Quran. Tokoh lainnya yang sezaman dengan beliau adalah Mufarraj bin Malik An-Nahwiy yang menulis buku penjelasan atas karangan Al-Kisa’i. Kemudian terdapat nama Abu Bakar bin Khatib An-Nahwiy yang juga menulis kitab tentang nahwu.

Fakta perkembangan awal ilmu nahwu di Andalusia adalah kuatnya aliran Kufah dalam kajiannya. Sedikit sekali perhatian terhadap nahwu Basrah hingga sampai tampilnya Al-Ufusyniq, Muhammad bin Musa bin Hasyim (w. 307 H) yang belajar Al-Kitab milik Sibawaih dari Ad-Dinauri di Mesir. Beliau kemudian mengajarkannya kepada para pelajar di Cordova. Kemudian terdapat nama Ahmad bin Yusuf bin Hajjaj (w. 336 H). Beliau dikenal selalu membawa Al-Kitab dan mempelajarinya dalam keadaan luang maupun sibuk, sehat maupun sakit.

Al-Kitab mendapatkan perhatian besar di Andalusia di bawah pengajaran Muhammad bin Yahya Al-Mahlabi Ar-Rabbahi Al-Jayyani (w. 353 H). Beliau seorang ahli filsafat, logika, dan Kalam. Beliau belajar nahwu di Mesir di bawah bimbingan Ibn an-Nuhas kemudian mengajar di Cordova. Tiap Jumat beliau mengadakan forum dialog tentang masalah-masalah Nahwu. Berkat peran beliau, kajian nahwu di Andalusia semakin mendalam.

Tokoh yang sezaman dengan Ar-Rabbahi di Cordova adalah Abu ‘Ali Al-Qaliy Al-Baghdadiy yang masuk Andalusia pada tahun 330 H di masa pemerintahan Abdurrahman An-Nashir. Beliau belajar Al-Kitab dari Ibn Darastuwaih, murid Al-Mubarrad.

Generasi setelah Ar-Rabbahi dan Al-Qaliy adalah para murid kedua tokoh tersebut. Mereka tidak hanya mempelajari nahwu Basrah saja, tapi juga selainnya. Diantara mereka adalah:

  1. Abu Bakar bin al-Qutiyah (w. 367 H), murid al-Qoliy, penulis kitab Al-Af’al wa Tasharifiha yang dicetak di Leiden
  2. Muhammad bin al-Hasan Az-Zubaidi (w. 379 H), murid al-Qoliy, penulis kitab Thabaqat an-Nahwiyyin wa al-Lughawiyyin yang sangat terkenal
  3. Abu Abdillah Muhammad bin ‘Ashim al-‘Ashimi (w. 382 H), murid Ar-Rabbahi
  4. Ahmad bin Aban (w. 382 H), penulis dua buku penjelasan terhadap dua karya Al-Kisai dan Al-Akhfasy
  5. Harun bin Musa Al-Qurthubi An-Nahwi (w. 401 H)

Kemudian setelah runtuhnya Umayah di sana, muncullah tokoh nahwu seperti Al-Iflili (w. 441 H), murid Al-‘Ashimi, kemudian Ibn Sayidah adh-Dharir (w. 448 H). Ibn Sayidah disebut-sebut sebagai orang yang paling ‘alim dalam ilmu-ilmu bahasa Arab pada masa itu.

Aliran Andalusia secara Independen

Studi Nahwu di Andalusia mulai meluas sejak masa dinasti raja-raja. Para ahli nahwu memadukan para tokoh sebelum mereka mulai dari pengikut aliran Basrah, Kufah, maupun Baghdad. Mereka tidak hanya berpijak pada model Abu Ali al-Farisi dan Ibn Jinni dalam hal pilihan pendapat, mereka bahkan cenderung memperbanyak argumentasi hingga muncul pendapat-pendapat baru.

Diantara mereka adalah al-A’lam asy-Syintamari (w. 476 H). Beliau dianggap sebagai orang yang pertama kali memunculkan metode nahwu ala Andalusia. Beliau sangat memperhatikan tentang pentingnya mempertanyakan tentang ‘illat kedua, misalnya adalah pertanyaan kenapa mubtada di-rafa’-kan, tidak di-nashab-kan saja ? Al-A’lam menulis buku penjelasan kitab Al-Jumal milik Az-Zajjaji Al-Baghdadi, dan meriwayatkan enam analogi penyair Jahili, yaitu Umru’ al-Qais, Zuhair, An-Nabighah, ‘Alqamah, Tharfah, dan ‘Antarah, secara bersanad hingga Al-Ashmu’i. Beliau belajar al-Kitab dari Ibn al-Iflili. Pada masa ini, para tokoh bahasa Arab di Andalusia terkenal bahkan ke dunia Arab, sampai-sampai Az-Zamakhsyari melakukan perjalanan dari Khawarizm ke Mekah untuk belajar kepada seorang ahli nahwu di sana, yaitu Abdullah bin Thalhah (w. 518 H).

Tokoh yang sezaman dengan al-A’lam adalah Ibn as-Sayyid Al-Bathalius, Abdullah bin Muhammad (w. 521 H), lalu Ibn al-Badisy, Ali bin Ahmad bin Khalaf Al-Anshariy Al-Gharnathi (w. 528 H), dan Ibn ath-Tharawah, Sulaiman bin Muhammad (w. 528 H).

Kemudian di masa al-Muwahhidin muncul tokoh antara lain:

  1. Ibn ar-Rammak (w. 541 H), murid Ibn ath-Tharawah
  2. Al-Aqlisyi (w. 550 H), murid Ibn As-Sayyid
  3. Jabir Al-Isybili Al-Hadhrami (w. 596 H), murid Ibn ar-Rammak
  4. Abu Bakar Muhammad bin Thalhah (w. 618 H), murid Al-Isybili
  5. Ibn Thahir, Abu Bakar Muhammad bin Ahmad bin Thahir (w. 58x H), murid Ibn ar-Rammak, termasuk tokoh penting
  6. As-Suhaili, Abu al-Qasim Abdurrahman bin Abdullah Adh-Dharir (w. 581 H), murid Ibn ath-Tharawah dan ibn Thahir, seorang ‘alim dalam bahasa arab, tafsir, dan ilmu kalam, penulis kitab ar-Raudh al-Anfi fi Syarh as-Sirah an-Nabawiyah, Nata’ij al-Fikr
  7. Isa al-Jazuli Al-Maghribi (w. 607 H), beliau belajar dari Ibn Barriy di Mesir kemudian mengajar di Mariyyah dan kota-kota lainnya di Andalusia
  8. Ibn Kharuf, Ali bin Yusuf bin Kharuf Al-Qurthubi (w. 609 H), belajar nahwu dari Ibn Thahir kemudian ke Maroko dan berkeliling di negeri-negeri Arab hingga sampai ke Aleppo, beliau terkenal dengan perdebatannya dengan As-Suhailli
  9. Asy-Syalaubin, Abu Ali Umar bin Muhammad (w. 645 H), murid Al-Jazuli dan juga As-Suhaili, beliau mengajar selama 60 tahun menghasilkan para pembesar-pembesar nahwu.
  10. Ibn Hisyam Al-Khadhrawi, Abu Abdillah Muhammad bin Yahya Al-Khazraji (w. 646 H), murid Ibn Kharuf
  11. Ibn Madha’, Abu al-Abbas Ahmad bin Abdurrahman bin Muhammad bin Madha’ Al-Lakhami (w. 592 H), beliau seorang penganut Dhahiri dalam bidang fiqih, terlalu berlebihan dalam kajian nahwu hingga hal-hal yang dianggap tak perlu.
  12. Ibn ‘Ushfur, Abu al-Hasan Ali bin Mu’min bin Muhammad bin Ali bin Ushfur al-Hadhrami al-Isybili (w. 663 H), murid Asy-Syalaubin, banyak menulis karya dalam nahwu dan sharaf seperti Al-Muqarrab, Al-Mumta’, Mukhtashar al-Muhtasab, dan 3 syarah terhadap kitab Al-Jumal karya Az-Zajjaji.
  13. Ibn Malik, Jamal ad-Din Muhammad bin Abdullah bin Abdullah bin Malik Ath-Tha’i Al-Jayyani (w. 672 H), beliau sangat terkenal memadukan berbagai macam pendapat dalam ilmu nahwu, beliau wafat di Damaskus. Beliau belajar kepada Asy-Syalaubin, kemudian berkelana ke timur sekitar tahun 630 H belajar kepada Ibn al-Hajib, kemudian menetap di Aleppo belajar kepada Ibn Ya’isy. Ibn Malik banyak menggunakan Al-Qur’an, lalu disusul hadits, lalu syair-syair Arab untuk sebagai bukti atas pendapatnya. Beliau banyak mengambil pendapat dari berbagai aliran nahwu disamping hasil ijtihad beliau sendiri. Karya monumental beliau adalah Alfiyyah yang terdiri dari 1000 bait tentang nahwu dan sharaf, kemudian Al-Kafiyah Asy-Syafiyah terdiri dari 3000 bait, Al-Muashshal fi Nazhm al-Mufashshal li az-Zamakhsyari, Tuhfah al-Maudud fi al-Maqshur wa al-Mamdud, dan masih banyak lagi hingga lebih dari 30 buah berupa nazham dan natsar.
  14. Ibn al-Haj, Abu al-Abbas Ahmad bin Muhammad Al-Azdi (w. 651), murid Asy-Syalaubin, terkenal dengan karya-karya beliau men-syarah-i kitab Sibawaih, Al-Idhah karya Al-Farisi, dan kitab Sirr ash-Shina’ah karya Ibn Jinni.
  15. Ibn adh-Dhaai’, Abu al-Hasan Ali bin Muhammad al-Kitami al-Ubbadi (w. 680 H), murid Asy-Syalaubin, beliau banyak menulis sanggahan terhadap pendahulunya semisal Ibn ‘Ushfur
  16. Ibn Abi ar-Rabi’, Ubaidillah bin Ahmad Al-Umawi Al-Isybili (w. 688 H), beliau menulis syarah bagi al-Kitab Sibawaih, Idhah al-Farisi, dan al-Jumal az-Zajjaji
  17. Ash-Shaffar, Qasim bin Ali (w. – H), murid Ibn Ushfur, menulis syarah bagi kitab Sibawaih dengan menyertakan banyak sanggahan kepada Asy-Syalaubin
  18. Abu Ja’far Ahmad bin Ibrahim bin az-Zubair (w. 710 H)
  19. Abu Hayyan, Atsir ad-Din Muhammad bin Yusuf al-Gharnathi (w. 745 H), murid Abu Ja’far ibn az-Zubair dan Ibn adh-Dhaai’ dalam bidang nahwu. Beliau banyak mempelajari tafsir, hadits, qiraat, dan tarikh hingga pengetahuan beliau ssangat mendalam dalam bidang-bidang tersebut. Di waktu muda beliau berkelana ke utara Afrika hingga sampai ke Kairo tahun 679 H dan belajar kepada Ibn an-Nuhas yang adalah murid Ibn Malik, kemudian beliau berpindah-pindah dari mulai Syam, Sudan, dan Hijaz. Beliau menulis tiga kitab syarah at-Tashil Ibn Malik, kemudian Manhaj as-Salik fi al-Kalam ‘ala Alfiyyah Ibn Malik, kemudian karangan tersendiri berupa 6 jilid dengan judul Al-Irtisyaf dan ringkasannya sejumlah 2 jilid. Beliau awalnya adalah penganut fiqih Zhahiri, kemudian berpindah mengikuti madzhab Syafi’i.

Sumber : DR Syauqi Dhayf, al-Madaris an-Nahwiyyah

2 Comments (+add yours?)

  1. Sammie Sanchez
    May 28, 2010 @ 12:46:33

    You’ve done it again. Incredible writing.

  2. kang ir
    Jun 02, 2010 @ 12:31:52

    thanks. but I only translated and summarized what Syauqi Dhayf wrote

Leave a comment